11 Rafflesia Langka Segera Bermekaran di Bengkulu

Koran Online

Nasional / Koran Online 45 Views comments

Provinsi Bengkulu sebagai wilayah endemik Puspa Langka Rafflesia, sangat dimungkinkan menjadi tujuan wisata khusus. Sebab jika kita ingin menjangkau habitat ini, kita harus melewati tantangan tersendiri.

Salah seorang wisatawan asal Jakarta, Iman Dharmawan mengaku puas bisa melihat dan berinteraksi langsung dengan Rafflesia Arnoldii di kawasan Hutan Lindung Liku Sembilan Kabupaten Bengkulu Tengah.

Jarak tempuh dari jalan raya menuju lokasi Rafflesia mekar memang hanya 700 meter saja. Namun kondisi jalan licin dengan kemiringan lebih dari 90 derajat, ia harus berhati-hati.

Jalan menurun dengan harus berpegangan dengan akar, ditambah kondisi jalan lumpur yang licin harus ditempuhnya. Tetapi semua terbalaskan saat dia bisa berjumpa Rafflesia yang memang menjadi buruannya ketika memutuskan berlibur ke Bengkulu.

"Ini potensi wisata, pemerintah daerah harus serius menata kawasan yang menjadi habitatnya," ungkap Iman.

Senada dengan Iman Dharmawan, koordinator Komunitas Pencinta Puspa Langka Provinsi Bengkulu Sofyan Rafflesia berharap, pemerintah lebih memperhatikan kawasan yang menjadi habitat Rafflesia. Selain perlindungan dan pembenahan kawasan, warga yang terus menerus menjaga kawasan tersebut juga diberdayakan. Jika perlu diberikan penghargaan khusus.

"Semuanya harus sepakat untuk menjadikan Rafflesia sebagai sebah potensi wisata yang harus dikembangkan," kata Sofyan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Sebanyak 7 Bunga Bangkai atau Raflesia tumbuh di hutan sekitar kawasan Wisata Alam Goa mampu di Bone.

Comments