Bertemu Wiranto, Menhan Vietnam Terpincut Produk Pertahanan RI

Koran Online

Nasional / Koran Online 81 Views comments

Menko Polhukam Wiranto menerima kunjungan Menteri Pertahanan Vietnam Ngo Xuan Lich di kantornya, Jakarta. Dalam pertemuan yang berlangsung tertutup itu, salah satu yang diperbincangkan adalah keinginan Vietnam untuk menggunakan industri pertahanan Indonesia.

"Ada keinginan Vietnam untuk terus meningkatkan hubungan pertahanan bersama, terutama yang mengenai industri pertahanan juga, mereka berkeinginan melihat produksi Indonesia apa yang bisa dipakai oleh Vietnam," ucap Wiranto di kantornya, Jakarta, Kamis (12/10/2017).

Meski demikian, dia enggan menyebut apa yang diminati oleh Vietnam. Biarkan hal itu menjadi pembicaraan dengan Menhan RI Ryamizard Ryacudu.

"Belum, nanti. Itu bukan urusan saya. Nanti urusan dengan Menteri Pertahanan kemudian mereka akan melakukan peninjauan dan akan membicarakan. Saya mendorong supaya ada paling tidak produk-produk antar negara yang bisa kita kombinasikan," jelas Wiranto.

Di sisi lain, masih kata dia, dia menyarakan harus ada pertemuan intensif dengan Menhan RI, kemudian BIN dan lainnya. Hal ini penting dilakukan karena menyangkut keamanan kawasan.

Menurut Wiranto, baik Indonesia maupun Vietnam, mempunyai kepentingan yang sama untuk mempertahankan keamanan kawasan ini, terutama Asean nations.

"Ini saya kira sudah sepakat tadi, pertemuan sudah sangat konstruktif ya, bahwa kita mempunyai satu kepentingan yang sama, harapan yang sama, dan semangat yang sama untuk bersama-sama mempertahankan ASEAN menjadi kawasan yang damai, yang sejuk, yang kondusif," pungkas Wiranto.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Comments