Jokowi akan Terima Kunjungan Presiden Nauru

Berita Hari Ini

Politik / Berita Hari Ini 16 Views comments

Presiden Jokowi. Foto: Antara/Agus Suparto

Jakarta: Presiden Joko Widodo dijadwalkan menerima kunjungan kenegaraan Presiden Republik Nauru Baron Divavesi Waqa. Kedua kepala negara akan bertemu di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.
 
Waqa rencananya tiba di Istana Bogor pada pukul 09.00 WIB, Jumat, 8 Desember 2017. Dia akan disambut dengan upacara kenegaraan. Lagu kebangsaan kedua negara akan dikumandangkan. Keduanya akan berdiskusi di beranda istana alias veranda speak.
 
Waqa berkunjung ke Tanah Air untuk mengikuti  Bali Democracy Discussion board (BDF) ke-10 di  Tangerang, Banten. BDF adalah forum kerja sama tahunan negara-negara demokrasi di Asia yang diadakan setiap Desember di Bali. Namun, erupsi Gunung Agung memaksa acara dipindah ke Banten.

Baca: Presiden Nauru: Damai Dasar dari Demokrasi dan Harmoni

Discussion board ini bertujuan memperkuat kapasitas demokrasi melalui diskusi antarnegara. Tahun ini, sebanyak 103 delegasi dari 96 negara dan tujuh organisasi internasional turut hadir dalam perhelatan tahunan ini.
 
Dalam acara itu, Presiden Waqa menekankan perdamaian harus menjadi dasar dari demokrasi dan harmoni. Demokrasi, kata dia, berarti menghormati semuanya, mulai dari hak individu hingga kelompok,
sehingga kualitas hidup semakin baik.
 
"Kita harus tanamkan dalam diri, bahwa damai harus menjadi dasar dari semua demokrasi. Dan, hal terbaik dalam membangun harmoni," kata Waqa, Kamis, 7 Desember 2017.

(FZN)

Comments