KBRI Kabul Menanti Pasukan Kopassus untuk Perkuat Pengamanan

Berita Hari Ini

Politik / Berita Hari Ini 9 Views comments

Duta Besar RI untuk Afghanistan Arief Rachman. (Foto: Sonya Michaella).

Jakarta: Duta Besar RI untuk Afghanistan, Arief Rachman mengaku menanti pengiriman pasukan Kopassus dari Indonesia untuk mengamankan KBRI Kabul di Afghanistan.

"Semoga secepatnya dalam waktu dekat akan dikirimkan. Ya kalau dibandingkan dengan pengamanan dari negara lain itu beda ya, KBRI juga masih tenang-tenang saja. Kebutuhannya kan beda," kata Dubes Arief kepada awak media di Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Kamis 15 Februari 2018.

Akhir Desember 2017 lalu, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto sepakat untuk menjaga KBRI Kabul dengan mengirimkan pasukan Kopassus ke Afghanistan.

"Sebenarnya teknis saja. Kan semua sudah, tinggal tunggu waktu saja. Kalau belum juga bukan sebuah masalah utama. Kami selalu siap untuk bertugas di daerah konflik," ujar dia.

KBRI Kabul menampung complete 23 staf , dan di depan KBRI ada penjagaan polisi. 

"Kiri ada pos jaga, kanan ada pos jaga. Komplek kedutaan kita itu sebenarnya aman. KBRI kita dekat dengan Kedubes Belanda. Kalau ada yang bertamu ke KBRI, benar-benar diperiksa menyeluruh sebelum diizinkan masuk," tukas Dubes Arief.

Pembicaraan tentang kesepakatan pengiriman TNI ke KBRI Kabul ini pun diakui sudah terbentuk sejak 2016 lalu. 

Hingga saat ini, pengiriman TNI masih berada di space Afghanistan. Untuk wilayah-wilayah konflik lain, hal tersebut akan dipersiapkan tergantung parameter tingkat berbahayanya sebuah negara konflik.

(AGA)


Comments