KLHK Kejar Pemburu Macan Tutul di Garut

Berita Hari Ini

Politik / Berita Hari Ini 11 Views comments

Seekor macan tutul jawa (Panthera Pardus Sondaicus) Didin berada di penangkaran macan tutul di Taman Safari Indonesia, Cisarua, Bogor, Jawa Barat, Kamis (24/10/2013). Foto: Antara/Paramayuda

Bogor: Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) tengah mengejar tiga orang yang diduga melakukan perburuan terhadap satwa dilindungi macan tutul. Perbuatan ilegal mereka di ketahui setelah videonya viral di media sosial. 

"Kita sudah kantongi identitasnya, sedang kita kejar," kata Kepala BKSDA Jawa Barat, Sustyo Iriyono saat acara Dialog dengan Media KLHK di kawasan Wisata Alam Gunung Pancar, Bogor, Jawa Barat, Rabu 14 Februari 2018. 

Sustyo mengatakan pihaknya telah menggerebek rumah pelaku yang berlokasi di Garut Selatan, Jawa Barat. Namun, karena diduga informasi penggerebekan bocor, ketiga pelaku melarikan diri. 

Sustyo mengatakan, pihaknya telah menginterogasi istri pelaku, "Akan kita kembangkan dan akan segera kita amankan pelakunya," ujar Sustyo. 

Berdasarkan informasi yang diperoleh BKSDA Jawa Barat dari masyarakat sekitar, macan tutul yang diburu oleh ketiga pria tersebut telah tewas. Sementara, kulit beserta dagingnya sudah dibagi-bagikan. 

"Mereka pemain lama. Dulu ngaku-ngakunya memburu babi hutan. Tapi sekarang kita tahu aktivitasnya. Mereka tiga orang," beber Sustyo. 

Sebelumnya, video tiga orang pria sedang menunjukan hasil buruan macan tutul viral di media sosial. Video tersebut menghebohkan masyarakat lantaran macan tutul merupakan salah satu satwa liar yang dilindungi. 

Larangan perburuan terhadap satwa yang dilindungi telah diatur dalam Pasal 21 ayat (2) UU No. 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistemnya. Barangsiapa yang melanggar UU tersebut terancam pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan denda paling banyak Rp 100.000.000,00 (seratus juta rupiah) seperti diatur dalam Pasal 40 UU No. 5 tahun 1990.

(AGA)

Comments