KPK dan Kementan Cari Solusi Buat Petani Sawit

Berita Hari Ini

Politik / Berita Hari Ini 17 Views comments

Amran Sulaiman saat apel danrem dandim terpusat tahun anggaran 2017. Foto: Metrotvnews.com/Anggi Tondi Martaon

Jakarta: Menteri Pertanian Amran Sulaiman bakal menggandeng Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mencari solusi bagi petani kelapa sawit terkait persoalan lahan di tengah hutan produksi. Sebab, saat ini masih banyak area plasma kelapa sawit milik masyarakat yang berada di area hutan produksi. 

"Ada plasma yang berada di kawasan hutan produksi. Ini kita akan carikan solusi yang terbaik untuk masyarakat, untuk pentani sawit seluruh Indonesia," kata Amran saat menyambangi gedung KPK, Jakarta Selatan, Kamis 7 Desember 2017.

Amran mengatakan, untuk mencari solusi itu pihaknya tak hanya bekerjasama dengan KPK. Tapi juga akan melibatkan Kementerian Agraria dan Tata Ruang, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Kementerian Keuangan.

Menurut dia, hal ini juga didasari niatan untuk mendorong peningkatan produksi kelapa sawit. Khusus untuk Kementan, kata dia, akan fokus pada permasalahan petani. 

"Domain kami membahas petani, ini bagaimana bisa kita selesaikan persoalanya yang berada di hutan produksi kelapa sawit," kata dia. 

Sementara itu, Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengamini ucapan Amran. Pada pertemuan siang tadi, kedua pihak membahas tindak lanjut kajian sawit yang pernah dilakukan KPK sebelumnya.

Febri mengatakan, Kementan dan KPK sepakat membentuk sebuah tim yang melibatkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Kementerian Agraria dan Tata Ruang untuk menyelesaikan masalah tumpang tindih hak guna usaha (HGU) sawit yang masuk ke hutan lindung dan kawasan konservasi.

"Selain itu, kedua pihak juga sepakat membangun database perkebunan rakyat melalui pendataan sawit rakyat untuk perbaikan bantuan pemerintah ke perkebunan sawit rakyat, serta engawal implementasi perkebunan sosial dan tanah objek reformasi agraria," tandasnya.

(MBM)

Comments