Musim Buah, Jam Kerja Petugas Kebersihan Bertambah

Koran Online

Nasional / Koran Online 57 Views comments

Liputan6.com, Barito Utara - Musim buah-buahan yang saat ini berlangsung di wilayah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, membuat petugas kebersihan kewalahan mengangkut sampah, sehingga jam kerja mereka ditambah.

"Selama musim buah ini timbunan sampah meningkat tajam, sehingga petugas kebersihan kami kerahkan dengan kerja ekstra," kata Kabid Tata Kota pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Barito Utara, Simamoraturahman di Muara Teweh, Selasa, 13 Februari 2018, dilansir Antara.

Menurut Simamoratuhaman yang lebih akrab dipanggil Mora ini, tumpukan sampah dari sisa buah-buahan seperti durian, rambutan, dan lainnya banyak menumpuk di tempat pembuangan sementara (TPS).

Tumpukan sampah, kata dia, dua kali lipat banyaknya dibanding sebelumnya. Biasanya dalam sehari dilakukan pengangkutan sampah dari TPS ke tempat pembuangan akhir (TPA) hanya 67,7 meter kubik kini bertambah berkisar 6-9 meter kubik.

"Meski tumpukan sampah menggunung namun kami harapkan semuanya dapat terangkut," kata Mora didampingi Kasi Kebersihan, Zero Sota Rosadi.

Dia menjelaskan dalam sehari pihaknya mengoperasikan delapan unit angkutan, yakni lima truk dan tiga angkutan jenis tossa.

Comments