NU Apresiasi Sikap Tegas Jokowi Atas Klaim Trump

Berita Hari Ini

Politik / Berita Hari Ini 7 Views comments

Konfrensi pers PBNU terkait klaim Presiden Amerika Serikat Donald Trump - Medcom.id/Haifa Salsabila.

Jakarta: Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU)  mengapresiasi sikap Presiden Joko Widodo terkait pengakuan Amerika Serikat atas Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Sikap Jokowi disebut dapat menenangkan umat Islam di Indonesia. 

"Kami menyampaikan terima kasih kepada Presiden Jokowi atas sikap yang diambil dengan sangat-sangat jelas dan tegas," ujar Sekretris Jenderal NU Helmy Faishal Zaini di Gedung PBNU, Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat, Kamis, 7 Desember 2017. 

Helmy menuturkan sikap Jokowi sedikit menenangkan rakyat Indonesia khususnya umat Islam. Pemimpin Republik Indonesia, kata dia, telah mengambil langkah yang tepat dalam menyampaikan suasana batin masyarakat luas. 

Presiden Jokowi mengecam keras klaim Trump atas kota Yerusalem. Klaim sepihak ini menurut Jokowi bisa mengancam keamanan dunia.

Pengakuan sepihak ini, lanjut Jokowi, telah melanggar berbagai resolusi Dewan Keamanan dan Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang AS menjadi anggota tetapnya.

Selain itu, Jokowi juga menegaskan bahwa Pemerintah Indonesia tetap berpegang teguh mendukung kemerdekaan Palestina dari penjajahan Israel. Serta konsisten untuk terus bersama rakyat Palestina dalam memperjuangkan kemerdekaan dan hak-haknya. 

(Baca juga: Jokowi Kutuk AS Soal Pengakuan Yerusalem Jadi Ibu Kota Israel)
 

(REN)

Comments