Pajang Foto Rasis, Toko Busana di Afsel Diserang Warga

Berita Hari Ini

Politik / Berita Hari Ini 14 Views comments

Baju berserakan di salah satu gerai H&M di Afsel, 13 Januari 2018. (Foto: WIKUS DE WET/AFP/GETTY IMAGE)

Johannesburg: Demonstrasi digelar partai Pejuang Kebebasan Ekonomi (EFF) di Afrika Selatan setelah sebuah merek busana menerbitkan sebuah foto seorang anak laki-laki berkulit hitam dengan tulisan: "Monyet paling keren di hutan."

Kepolisian Afsel menembakkan peluru karet untuk membubarkan kerumunan dari satu di antara enam toko yang menjadi sasaran di Johannesburg dan tempat lain di provinsi Gauteng, Sabtu 13 Januari 2018.

Video di media sosial menunjukkan para demonstran melambaikan plakat saat mereka berjalan melintasi satu toko. Sejumlah pakaian yang ada di toko berserakan di lantai.

"Beberapa insiden demonstrasi di toko-toko H&M terjadi di sejumlah provinsi," kata Dinas Kepolisian Afsel (SAPS) di Twitter

"Di East Rand Mall, para pedemo berhasil masuk ke toko dan menjarah beberapa barang. Anggota SAPS harus turun tangan dan membubarkan massa dengan peluru karet," serunya seperti disitir Unbiased, Minggu 14 Januari 2018.

EFF mendesak mal-mal Afsel untuk mengusir peritel Swedia tersebut, yang telah meminta maaf dan menyingkirkan foto kontroversial itu.

Floyd Shivambu, anggota parlemen untuk FPD, menuliskan di Twitter: "Semua orang rasional harus setuju bahwa toko tersebut tidak boleh diizinkan untuk terus beroperasi di Afrika Selatan."

Dalam sebuah pesan di situs resminya, H&M meminta maaf atas gambar yang memicu protes. "Kami salah dan kami sangat menyesal," kata sebuah pernyataan resmi.

(WIL)

Comments