Panen Hebat Petani Grobogan yang Terancam Rencana Impor Beras

Koran Online

Nasional / Koran Online 93 Views comments

Pemanfaatan pompa air sebagai langkah sederhana mampu menyediakan air bagi 265 hektar sawah. Pompa membantu mendapatkan air sehingga bisa tanam dan panen lebih awal.

"Biasanya, kami panen MT I (musim tanam pertama) akhir Februari, baru kali ini panen awal Januari. Kami minta dukungan bantuan mesin pompa lagi supaya lebih banyak sawah bisa diairi,” kata Suwaji. 

Kepala Balitbang Pertanian Kementrian Pertanian Muhammad Syakir, tidak mampu menjawab permintaan agar pemerintah tak mengimpor beras. Ia hanya menjanjikan akan terus berusaha agar program tiada hari tanpa panen gabah berhasil.

Menurut Syakir, program itu dilaksanakan melalui penyerahan bantuan benih padi varietas Impari 30 atau Ciherang plus. Itu adalah varietas padi terbaru. Kelebihannya, umurnya lebih pendek, lebih tahan hama, dan genangan.

"Yang pasti, produktivitasnya lebih tinggi,” kata Syakir.

Menurut warga, kenaikan harga beras tiga bulan belakangan bukan disebabkan karena petani gagal panen. Bukan pula karena produktivitas yang turun.

Petani menduga ada faktor lain yang menyebabkan kenaikan harga beras ketika petani sedang giat meningkatkan produktivitas. Namun, tak ada yang tahu apa penyebab kenaikan harga beras ini secara rasional.

Comments