Pangeran Denmark Tutup Usia

Berita Hari Ini

Politik / Berita Hari Ini 32 Views comments

Pangeran Denmark Consort Henrik saat di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (24/10/2015). ANTARA/Umarul Faruq

Copenhagen: Pangeran Denmark Consort Henrik meninggal dunia pada Selasa, 13 Februari malam waktu setempat. Dia meninggal dunia karena sakit infeksi paru-paru yang telah lama dideritanya.

"Yang Mulia Pangeran Henrik meninggal pada Selasa 13 Februari pukul 23:18 di Kastil Fredensborg. Dia menghembuskan napas terakhir di usia 83 tahun dengan dampingan dari istri dan kedua putranya," demikian pernyataan dikeluarkan istana, dikutip dari laman CNN, Rabu 14 Februari 2018.

Dia juga menderita tumor jinak dan didiagnosis dua pekan lalu. Dia sempat dirawat di rumah sakit karena penyakit tersebut mulai memburuk saat dirinya melakukan perjalanan pribadi ke Mesir.

Sebelum meninggal, Pangeran Henrik tidak mau dikubur di samping istrinya, Rati Margrethe. Penolakannya ini untuk menamainya sebagai raja. Pangeran Henrik tidak senang dengan gelarnya sebagai pangeran sejak pernikahannya dengan Ratu Margrethe pada 1967.

"Bukan rahasia lagi bahwa pangeran selama bertahun-tahun tidak senang dengan peran dan gelar yang diberikan Kerajaan Denmark. Alih-alih sebagai 'suami ratu' dia malah diberi gelar pangeran," ujar Kepala Komunikasi Istana Lene Balleby.

"Bagi pangeran, keputusan tak dikuburkan di samping ratu adalah konsekuensi yang dialami karena tidak diperlakukan sama dengan pasangannya. Dia tidak memiliki gelar dan peran yang diinginkannya," lanjut Balleby.

Keputusan ini diterima oleh Ratu Margrethe.

Putra Pangeran Henrik, Putra Mahkota Federik yang merupakan anggota Komite Olimpiade Internasional, memutuskan pulang ke rumahnya pekan lalu di tengah perhelatan Olimpiade Musim Dingin PeyongChang, Korea Selatan, setelah mengetahui kondisi ayahnya makin memburuk.

(AGA)


Comments