Saham Facebook Turun Usai Zuckerberg Umumkan Perubahan News Feed

Koran Online

Nasional / Koran Online 18 Views comments

Liputan6.com, Jakarta - Nilai saham Facebook turun sekitar 4 persen pada Jumat, 12 Januari 2018, tepat sehari setelah CEO Fb, Mark Zuckerberg, mengumumkan bakal melakukan perubahan besar-besaran pada Information Feed di Facebook.

Sehari sebelumnya, Zuckerberg menuliskan status yang cukup panjang di akun Facebooknya. Suami Priscilla Chan itu mengatakan, News Feed di Fb bakal lebih memfasilitasi interaksi antarpengguna ketimbang unggahan bisnis, tautan berita, dan lain-lain.

Mengutip laman Day by day Mail, Sabtu (13/1/2017), perusahaan riset Pivotal Research Group mengatakan, tingkat konsumsi digital menunjukkan, penggunaan Facebook turun sebelum Zuckerberg mengumumkan hal tersebut.

Untuk sementara waktu, penggunaan Facebook mungkin bakal turun setelah perusahaan mengubah Information Feed berakibat nilai saham Fb turun sekitar US$ 8,40 (Rp 112 ribu) menjadi US$ 179,37 (sekitar Rp 2,three juta) per lembar saham.

 Nilai saham Facebook turun setelah Mark Zuckerberg mengumumkan bakal ada perubahan news feed Facebook (Sumber: Daily Mail)

"Kami berspekulasi, ada kekhawatiran yang tecermin gara-gara unggahan Zuckerberg yang menjadi pemicu turunnya nilai saham ini," tulis Analis Senior di Pivotal, Brian Wieser.

Perusahaan yang berdiri sejak 2004 itu sebelumnya mendapat kritik dari berbagai pihak terkait dengan algoritma News Feed-nya. Information Feed di Facebook dianggap dapat melanggengkan berita deceptive atau hoax di halaman feed milik pengguna.

Bahkan, Facebook disebut-sebut telah memengaruhi hasil pilpres Amerika tahun 2016 serta menimbulkan berbagai masalah terkait perbedaan pandangan politik di berbagai negara.

Menanggapi hal tersebut, Zuckerberg dalam unggahannya mengatakan, perubahan News Feed ini memungkinkan orang untuk membuat pengguna memiliki waktu berkualitas selama menggunakan Fb. Namun, dengan perubahan ini, kemunculan berita dan konten lainnya akan lebih terbatas di Information Feed pengguna.

Comments